Thursday, December 3, 2009

Berikut ini adalah tutorial bagaimana membuat domain tambahan pada server lokal setelah anda menginstall IIS atau xampp pada komputer anda agar mempunyai server lokal yang bisa digunakan untuk mengakses halaman, akan menarik bila lokal host tidak lagi mempunyai alamat seperti http://localhost/jatipedia-nih/ tetapi akan menjadi http://jatipedia-nih.com atau http://www.jatipedia-nih.com yang mana akan membuat akses lebih cepat dengan hanya mengetik jatipedia-nih pada URL web browser kemudian pencet CTRL+ENTER terus masuk degh ke localhost selain itu localhost address akan menjadi lebih keren, menarik kan? mau tau caranya? simak ya.. :wink:

Tips berikut ini sebenarnya sangat mudah dan simple banget, ga perlu pake langkah-langkah jlimet, tetapi akan membantu anda jika belum mengetahuinya, silahkan ikuti saya :

  • Pertama anda buka explore pada komputer anda lalu pilih WINDOWS pada drive Csystem32 pilih folder drivers dan terahir pilih folder etc. kemudian buka folder bernama
  • Setelah anda memilih folder etc buka file host dengan notepad wordpad atau text editor lainnya, kemudian lihat pada baris paling bawah dan anda akan menemukan address 127.0.0.1 atau localhost yang artinya anda dapat mengaksesnya dengan mengetikkan 127.0.0.1 pada browser anda, tetapi karena alamat tersebut susah untuk diingat jadi anda bisa mengganti dengan menuliskan localhost pada broser anda dan akan membuka pada halaman yang sama.
  • Langkah selanjutnya adalah mencontoh pada petunjuk langkah kedua, jadi langsung saja copy paste kan 127.0.0.1 localhost pada baris dibawahnya, tetapi kali ini edit localhost dengan domain yang anda inginkan, misal anda mau redirect www.jatikeren.com kelocal server anda jadi langkahnya hanya mengedit tulisan localhost menjadi www.jatikeren.com dan otomatis akan membuka pada localhost anda.
Dengan alternatif seperti ini memungkinkan anda mempunyai local address yang cakeeep banget, bisa jadi jika anda sudah mempunyai rencana menyewa hosting dan membeli domain, local address tersebut akan memberikan anda suatu semangat tersendiri

1 Comment:

  1. Webmaster Resource Indonesia said...
    Good posting kawan

Post a Comment